First Beauty Products

Gak afdhol kalau gak diawali dengan sejarah awal menggunakan produk perawatan. So... here it is,
Suatu hari (di masa lalu), pulang dari toko sekitar Jam 9 malam, Mama’ masuk kamar saya dan ngasih satu kresek hitam. Pas saya buka...
Jeng jreeeeeeng...

  • Kaca ukuran sekitar 20 x 15 cm, border biru tua.
  • Bedak padat merk Fanbo yang ada kacanya, warna tempatnya merah tua ada hiasan goldnya.
gambar dr ratukosmetik.com

Dan...
  • Hand & Body Lotion pink merk Viva.

Hwaaah... I was just surprised.
Itu pas saya kelas 4 SD, sodara-sodara. Umur 8 tahunan lah.
Saya – yang gak pernah punya begituan, yang bedakan aja dibedakin Mama’ dengan ala kadarnya kalau mau berangkat sekolah pagi & sore – tiba-tiba, dapat begituan.
Saat itu saya sudah paham maksud Mama’ biar saya bedakan sendiri. Pake lotion biar gak kusam (secara sekolah sama rumah jaraknya ±2km ditempuh dengan jalan kaki. Panas pula). Sisiran tetap Mama’ karena rambut saya sudah mencapai bawah punggung.
Tapi... Heey... saya? Mama’ gak salah kan?
Ya udahlah... saya pake ala kadarnya.
Saya masih ingat tuh bedak dan lotion gak habis-habis karena saya memang gak konsisten masalah gituan. Pas keluarga pindah rumah, juga belum habis.
Sayangnya saat 1999 harus boyongan ke Jawa, barang-barang itu lupa dibawa karena gak nyangka akan menetap selamanya di Jawa. Hiks. Sorry Mom.
Memasuki masa MTs di pondok, Mama’ membekali (aseeek) saya dengan basic product. Gak yang aneh-aneh. Bedak dan lotion. Udah.
Setelah memasuki masa baligh, Mama’ nambah perbekalan. Saya disuruh pake Gizi Super Cream – yang wadahnya masih kayak pot itu tuh – biar gak gampang jerawatan dan kulit tetap moist.
gambar dari 'thesecretposts'
Ya. Terkesan saya disetir Mama’. Tapi maklum, saya harus digituin. Kalau gak, gak bakalan inisiatif beli sendiri. So, I am very grateful to be her daughter. Mama’ emang rajin banget ngingetin anak-anaknya buat rawat diri. Anaknya aja yang bandel hahahaaa...


PARFUM
Saya kenal parfum dan benar-benar beli juga pas kelas 2 MA (SMA). Merknya? Ingat banget karena saat itu produk tersebut lagi booming dengan parfum jenis gel-nya. Eskulin warna ungu hihihi... Itupun gak yang dipake setiap saat. Hanya saat dibutuhkan. Sekarang pun seperti itu. Sebotol parfum ukuran normal (berapa mili-nya lupa), bisa habis bertahun-tahun. Seringnya malah gak habis dan keburu kedaluwarsa. Atau kalau gak dikasihkan ke teman yang Parfume Addict. Wkwkwk... ^.^
Yang saya tau, saya punya masalah dengan pernafasan. Asma? Ya, tapi gak akut yang sering kambuh. Tapi itu cukup untuk buat saya megap-megap setiap kali mencium bau yang terlalu kuat, seperti bau asap kendaraan, rokok, pewangi cucian, dan cologne. Saya gak bilang benci. Hanya kalau aromanya terlalu kuat, saya sudah kebit-kebit mencari udara segar. Hahaha... parah!
Sayangnya saya gak bisa menghindari ini. Saya selalu berada dalam lingkungan yang orang-orangnya suka semprot parfum sana-sini. Pasrah.

FACIAL FOAM & MOISTURIZER
Dua produk pertama saya untuk ini adalah Clean & Clear. Yup. Keduanya berMerk sama. Bukan karena saya yang milih tapi saat kelas 2 MA di pondok saya dapat dua produk itu sebagai hadiah dari kedua Bulik (yang saya panggil Mbak Nur dan Mbak Umi). Mungkin karena mereka tahu saya sudah puber jadi harus dikasih gituan. Saat itu saya pakai aja tanpa mikir cocok sama kulit atau tidak karena alhamdulillah kulit saya tahan banting hehehe...
Setelah C&C habis, saya dikasih (lagi) Fair & Lovely sama teman saya. Saat itu, F&L belum dijual di Indonesia. Teman saya rutin dapat itu dari Ayahnya yang kerja di Malaysia dan saya kebagian rejeki. Thank you so much Viaaa... Saat itu, pake F&L (sampai kuliah) rasanya cocok banget. Kulit jadi lebih bersih. Tapi lama-kelamaan, ternyata wajah saya jadi agak panas. Akhirnya, saya hentikan dan mulai mencari moisturizer yang cocok. Saya sempat pakai Gizi juga tapi gak lama. Berbagai merk saya coba dan I found this Sariayu setelah repackage. Sampai sekarang saya pakai. Facial foam juga merk sama ^.^

BEDAK
Ya, yang dipakai pertama kali tuh Viva seperti cerita di atas. Pas di pondok, saya juga tetap pakai Viva yang istilah kerennya di pondok tuh ‘bedak karungan’. Itu tuh bedak Viva yang bungkus plastik dengan beragam nomor sesuai warna kulit hehehe... Saya pakai itu sampai lulus dari pondok. Sayangnya saya lupa pakai warna apa. Pokoknya cocok lah tone color-nya dengan kulit wajah saya yang gak cerah-cerah amat.
Pas kuliah, saya pakai produknya Kimia Farma, Marcks. Pertama kali yang saya beli, warna pink. That’s a really bad decision. Saat itu kan saya nggak terlalu ngeh dengan bedak. Seharusnya saya pilih yang warna cream aja. Pink doesn’t suit me. I’m not a pinky girl. Karena saya jarang bedakan, bedak pink itu lama banget habisnya. U know, Marcks dulu hanya ada satu ukuran yang gede itu. Baru-baru ini aja produsennya buat yang travel-pack. Dari dulu kek.
Karena kemasannya yang terlalu besar, saya pun nyari bedak lain. Mulai dari Sariayu yang ber-SPF dan ternyata hasil warnanya di muka saya so much white. Suatu hari saya lihat dan nyoba bedak compact Marina punya Mama’ dan Voila!
I then purchased it. Sampai sekarang pakai Marina two-way cake.

LOTION
I have my own story about lotion ^.^
Later ya

Sampai saat ini, Mama’ masih rajiiin banget ngingetin saya dan saudara saya untuk merawat diri. Gak harus terlihat cantik dan menor. Yang penting wangi. Wangi comes first in my Mother’s opinion. I do appreciate usaha Mama’ yang pengen anaknya terlihat kinyis-kinyis.

OK, I’m trying to be, Mom hehehe...

~Lagi pengen aja nulis ginian~

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Timun Emas: Nenek Gak Sabar, Buto Ijo Gak Ikhlas

Music in My Life [Part I]

Friendship Life [Part IV]